Kayu Yang Baik Dalam Pembuatan Gazebo

Kayu Yang Baik Dalam Pembuatan Gazebo

Eventsolutionsdarwin –¬†Banyak orang Indonesia saat ini membuat pilihan untuk menambahkan gazebo ke area sekitar rumah. Selain dijadikan sebagai tempat bersantai, gazebo juga bisa menjadi nilai seni yang lebih untuk hunian. Saat mendesainnya, Anda harus memperhatikan bahan apa yang akan digunakan untuk membuat gazebo Anda agar tahan cuaca.

Banyak bahan yang benar-benar bisa digunakan untuk membangun gazebo. Misalnya material seperti bambu, kaca, besi hingga gazebo dengan material batu. Namun kali ini Rumahku akan memberikan rekomendasi untuk membangun gazebo dengan menggunakan material kayu.

Ingin menambahkan gazebo sebagai tempat bersantai di taman rumah Anda? Jangan lupa! Anda tidak boleh meremehkan pilihan material yang digunakan. Selain itu, kawasan kecil ini akan terus terpengaruh oleh perubahan cuaca yang drastis. Padahal, Anda bisa menggunakan banyak material, seperti bambu, besi, kaca, atau batu. Namun kebanyakan gazebo jati biasanya didesain menggunakan bahan kayu yang terkenal dengan kehangatannya. Sebelum membangunnya, periksa dulu kayu apa yang bisa Anda gunakan di gazebo. Periksa berikut ini:

1. Batang Jati

Berukuran besar, lurus dan dapat tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter, yang merupakan ciri khas pohon jati. Bisa dipastikan jika menggunakan jenis kayu ini, gazebo di rumah Anda akan kuat dan awet. Tidak hanya itu, kayu jati juga tahan terhadap api, panas dan air, sehingga cocok untuk paviliun taman yang sering terkena perubahan cuaca. Sayangnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli bahan ini, karena harganya yang sangat mahal.

2. Kayu kelapa

Pohon kelapa dapat menghasilkan kualitas kayu yang berbeda. Bagian tengah pohon menghasilkan kayu terbaik, yang memiliki tekstur sangat keras dan benar-benar lurus. Sedangkan ujung pohon kelapa justru menghasilkan kayu yang agak melengkung, bertekstur agak empuk, dan seringkali masih terdiri dari kulit kayu.

Proses pemilihan kayu kelapa bisa dilakukan dengan menyadapnya. Kayu kelapa yang berkualitas memiliki tekstur yang sangat padat, sehingga tidak bersuara keras saat disadap.

Kayu ini juga bisa digunakan sebagai gazebo di rumah Anda. Kayu ini tidak kalah pentingnya dengan kayu jati, tetapi juga memiliki banyak keunggulan yang menjamin gazebo berkualitas, seperti kuat, mudah dijangkau, tahan panas dan air. Namun dari segi kualitas, kayu berserat dengan garis-garis pendek masih berada di bawah kayu jati.

3. Kayu Trembesi

Furniture kayu trembesi saat ini banyak diminati baik di pasar dalam negeri maupun dari luar negeri. Serat kayu yang bagus dan harga yang relatif terjangkau menjadi daya tarik dari furniture trembesi kayu ini. Anda punya dana terbatas, tapi ingin bikin gazebo? Tak perlu khawatir, kayu trembesi bisa jadi alternatif. Dengan harga yang terjangkau, kayu bertekstur unik ini bisa menambah keindahan tersendiri pada gazebo Anda.

4. Kayu Merbau

Keras, kuat, stabil dan tahan lama, inilah beberapa keunggulan dari kayu ini. Merbau juga telah terbukti tahan serangga dan sebaik jati. Tak heran, kayu ini cocok digunakan di daerah tropis, seperti rumah-rumah di Indonesia. Untuk menciptakan suasana, warna merah kecokelatannya mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi gazebo Anda.

5. Kayu sonokeling

Dengan serat ungu yang cantik dengan garis-garis hitam atau ungu, kayu ini juga bisa menjadi pilihan untuk bahan gazebo Anda. Ini juga kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Sayangnya, Rosewood sulit ditemukan di pasaran.

Sumber: Furniture Jepara

Anda mungkin juga suka...