Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Musiman

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Musiman

Eventsolutionsdarwin –┬áMeski Indonesia hanya memiliki musim kemarau dan musim hujan, orang sering menambahkan “musim lain” untuk menandainya. Misalnya ada musim durian, musim rambutan, musim kawin dan musim lainnya. Saham ini muncul karena biasanya ditandai sekali dengan tren yang memuncak sebelum akhirnya memudar lagi. Untuk alasan ini, pada akhirnya juga memengaruhi tren di industri Anda.

Kegiatan musiman akan keluar dari sini, atau istilah yang menarik adalah kemusiman yang hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Misalnya saat musim hujan, orang akan jual jas hujan seadanya, saat lebaran nanti ada money changer, terompet di tahun baru bahkan saat internet ramai dengan kuliner es krim dan donat, banyak yang menjualnya. Mungkin produk ini sedang banyak diminati karena menjadi trend saat itu, namun tetap ada pro dan kontra. Ayo kita dengarkan!

1. Permintaan pasar pada umumnya akan tinggi, sejalan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi pada waktu tertentu atau sekadar ingin tahu

Saat ada sesuatu yang sedang trending, pasti banyak orang yang penasaran dengan produk Anda dan ingin mencarinya. Begitu pula dengan item yang hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja, seperti jas hujan, sehingga orang tidak bisa berhenti mencari lebih rajin di musim hujan. Hal tersebut juga menyebabkan meningkatnya permintaan yang pada akhirnya membuat bisnis Anda laku dengan baik dan memiliki omset tinggi dalam waktu yang relatif singkat.

2. Promo musiman biasanya tidak memakan banyak waktu, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang lokasi penjualan

Meskipun tanah dan bangunan untuk dijual biasanya sangat penting dan membutuhkan modal besar pada awal penjualan, ini berbeda dari bisnis musiman ini. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak ruang, apalagi bangunan yang bagus seperti toko. Salah satu opsinya adalah dengan menjual mobil yang dibuat sebagai kerangka jalan. Ini juga bisa membuat Anda lebih dinamis jika Anda ingin menggunakan sistem pengumpulan bola untuk mencari tempat keramaian. Tak hanya itu, sewa kamar yang tidak terlalu besar, asalkan terlihat, juga bisa dijadikan alternatif kedua.

3. Selama musim biasanya lebih mudah untuk meyakinkan pemasok untuk menyimpan produk

Tidak perlu takut repot menyimpan stok karena biasanya akan ada banyak pemasok selama musim untuk memproses atau menjual kembali produk. Biasanya saat permintaan tinggi, bahan baku juga bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah, sehingga omzet yang didapat lebih besar.

4. Sayangnya, seperti namanya, kegiatan ini hanya berlangsung dalam waktu yang relatif singkat

Seperti banyak musim lainnya, musim yang identik dengan aktivitas tertentu akan berubah dalam kurun waktu tertentu, yang sayangnya terkadang hanya berlangsung dalam waktu singkat. Meskipun pendapatan dulunya sangat tinggi, nilai nominalnya secara bertahap akan menurun seiring waktu dan digantikan oleh tren bisnis lainnya.

5. Tidak dapat disangkal bahwa ketika ada sesuatu yang diminati, banyak orang yang ingin mencobanya agar lebih banyak kompetitor

Tidak hanya satu atau dua orang melihat peluang yang menguntungkan ketika segala sesuatunya tampak menjanjikan, tetapi ada banyak orang lain yang merasakan hal yang sama. Hal ini memaksa Anda untuk lebih kreatif menjadi seorang seller agar Anda tidak ketinggalan dan dipaksa oleh pembeli untuk memilih diantara kompetitor Anda.

6. Waktu yang Anda miliki untuk menjual pendek, terutama waktu yang dihabiskan untuk mempromosikan

Meskipun produk yang Anda jual semakin populer dan sangat dicari orang, bukan berarti mereka akan menemukan Anda. Oleh karena itu, promosi belum dilakukan secara masif. Pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan produk cukup singkat. Hal ini bisa dibodohi, misalnya dengan mencuri awal promosi sebelum musim dimulai pada produk tertentu dengan waktu tertentu, seperti Tahun Baru atau waktu lain, seperti Hari Valentine. Untuk itu jika kamu mempunyai website yang menjual bisnis musiman, kamu harus menggunakan Jasa Backlink untuk mempromosikannya.

Anda mungkin juga suka...