Macam-Macam BIOS

Macam-Macam BIOS

Eventsolutionsdarwin – BIOS sendiri merupakan singkatan dari Basic Input / Output System. Dengan BIOS, Anda dapat mengatur sistem operasi ke perangkat keras komputer yang digunakan. Adapun dari namanya sendiri, BIOS sepertinya mengandung arti yang berasal dari bahasa yunani yang artinya “arti hidup”.

Awalnya istilah BIOS mulai dikenal sejak kemunculannya yang pertama pada sistem operasi CP / M. Kemudian ditemukan BIOS pada versi DOS yang terdapat pada file bernama IBMBIO.COM dan IO.SYS.

Secara umum, BIOS dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan menyalakan komputer. Jadi ada berapa jenis BIOS? Berikut adalah beberapa jenis BIOS yang dapat Anda temukan di komputer Anda yang telah Mabtekno.com rangkum untuk Anda.

1. IBM BIOS

Jenis BIOS ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan software dan hardware terkemuka di Amerika Serikat, yaitu IBM. Inc. Perusahaan yang berlokasi di pusat kota Armonk, New York ini sudah ada sejak tahun 1911. Mereka telah membagi BIOS IBM menjadi 3 versi.

Versi 1, dirilis 24 April 1981, adalah BIOS dengan memori fisik 544 KB. Sayangnya, versi pertama ini tidak dilengkapi dengan fungsi transfer blok memori untuk beberapa kartu ekspansi.

Selain itu, pada tanggal 19 Oktober 1981, IBM BIOS versi kedua diperkenalkan kembali, yang tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Hanya saja pada versi ini terdapat beberapa fitur tambahan yaitu perbaikan bug.

Kemudian yang terakhir dirilis pada 27 Oktober 1982. Versi ketiga yang dirilis oleh IBM BIOS merupakan salah satu jenis BIOS yang paling umum dibandingkan dengan pendahulunya.

Versi BIOS terbaru ini berisi ukuran memori 640KB dan memiliki beberapa fitur baru yang memudahkan pemindahan blok memori.

2. BIOS Phoenix

Ada juga jenis BIOS lainnya, Phoenix BIOS yang dikembangkan oleh perusahaan Phoenix Technologies Ltd. Phoenix BIOS sendiri merupakan salah satu BIOS yang paling populer digunakan di Indonesia.

Beberapa manfaat Phoenix BIOS termasuk memungkinkan keamanan untuk konektivitas dan kompatibilitas berbagai komponen di komputer.

Satu hal yang membedakan Phoenix BIOS Beep Code dari jenis BIOS lainnya adalah jeda di setiap kode peringatan.

3. HARGA BIOS

Bahkan dengan jenis BIOS yang berasal dari Amerika Serikat, masih ada AWARD BIOS. Produk ini dikembangkan oleh Award Software International Inc., sebuah perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras yang berbasis di Los Gatos, California. Perusahaan ini sudah ada sejak lama, tepatnya sejak tahun 1983.

BIOS ini berisi program-program yang sistem dasarnya dapat diubah oleh pengguna. Tidak hanya itu, AWARD BIOS juga menyimpan informasi konfigurasi pada CMOS RAM. Sementara itu, untuk menggunakan BIOS ini, Anda hanya perlu menekan tombol Delete.

Layaknya BIOS pada umumnya, AWARD BIOS ini juga memiliki berbagai kode bip atau peringatan.

Ya, ini adalah beberapa BIOS yang masih digunakan sampai sekarang. Meski begitu, selain ketiga jenis BIOS di atas, masih ada beberapa BIOS lainnya yang diproduksi oleh berbagai perusahaan software dan hardware lainnya. Bahkan sekarang ada pengganti BIOS yang lebih canggih.

Karena pada dasarnya BIOS berjalan dalam mode real yang terasa lambat. Oleh karena itu, para ahli juga menciptakan teknologi EFI atau Extensible Firmware Interface, yang merupakan bentuk turunan dari arsitektur Itanium yang memiliki performa lebih baik untuk menggantikan BIOS yang telah digunakan sejak lama sejak tahun 1981. Jika Anda benar demikian sebagai BIOS? Atau sudah berubah menjadi EFI?

Anda mungkin juga suka...