Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi

Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi

Eventsolutionsdarwin – Tak hanya untuk orang dewasa, bayi pun bisa merasakan manfaat ikan salmon. Berkat kandungan dan rasanya yang sehat, biasanya ringan dan tidak amis, ikan ini sangat cocok sebagai bahan tambahan.

Anda dapat mulai mengenalkan ikan pada bayi Anda dari usia 6 bulan hingga 1 tahun, meskipun ia pernah mengalami alergi makanan sebelumnya. Karena pemberian makanan sampai bayi berusia lebih dari 1 tahun meningkatkan risiko alergi.

Manfaat ikan salmon untuk bayi

Manfaat ikan salmon untuk bayi terutama karena kandungan asam lemak Omega-3 yang dikandungnya. Bahan ini memiliki beberapa peran penting dalam kesehatan, mulai dari mendukung perkembangan otak hingga jantung yang sehat.

Berikut ini semua manfaat ikan salmon untuk bayi.

1. Baik untuk perkembangan otak

DHA yang merupakan bagian dari asam lemak omega-3 sangat baik untuk perkembangan otak bayi terutama dalam hal kemampuan kognitif. Bila diberikan DHA yang cukup, koordinasi, konsentrasi, keterampilan, kecerdasan sosial dan akademik bayi yang masih bayi berkembang dengan baik.

2. Sehat untuk jantung

Makan ikan berminyak seperti salmon telah terbukti menyehatkan jantung orang dewasa. Manfaat serupa juga berlaku untuk bayi. Dengan memenuhi kebutuhan omega-3, Anda membantu menjaga kesehatan jantung anak Anda dalam jangka panjang.

3. Mata sehat

Dengan mengonsumsi salmon secara teratur, mata yang sehat mendapat manfaat dari asam lemak omega-3 yang dikandungnya.

4. Membantu dalam penyerapan nutrisi dalam tubuh

Di masa keemasan pertumbuhan, bayi harus mendapat nutrisi lengkap melalui pola makan yang bervariasi. Ini juga mengurangi risiko bayi menderita kondisi seperti malnutrisi atau kehilangan berat badan. Asam lemak omega-3 tidak hanya menawarkan manfaat untuk perkembangan otak, jantung dan mata, tetapi juga membantu tubuh untuk secara optimal menyerap nutrisi yang masuk.

Salah satu hal yang harus diperhatikan orang tua saat menambahkan ikan ke menu harian anaknya adalah jumlah merkuri yang dikandungnya. Jika bayi menggunakan terlalu banyak merkuri, sistem sarafnya bisa terganggu. Dengan cara ini, konsumsi ikan laut yang kaya merkuri seperti ikan todak, king mackerel, marlin atau beberapa jenis tuna sebaiknya dihindari paling tidak sampai anak mencapai pubertas.

Sedangkan kadar merkuri pada ikan salmon tergolong rendah sehingga anak-anak tetap dapat mengonsumsinya dengan aman, asalkan tidak terlalu tinggi. Anda bisa menyajikan ikan ini 1-2 kali seminggu.

Baca juga: Harga dr laser

Resep untuk mengolah salmon sehat menjadi padat

Melihat banyaknya manfaat ikan salmon untuk bayi, Anda tidak akan ragu lagi menambahkannya ke menu MPASI balita Anda. Inilah satu resep sederhana namun sehat untuk dicoba.

Salmon, kentang, dan kacang mash

Bahan:

  • 1 kentang ukuran sedang (sekitar 225 gram)
  • 1 fillet salmon (sekitar 115 g)
  • 50 gram kacang polong
  • Susu atau mentega secukupnya

Bagaimana membuat:

  1. Panaskan oven sampai 200 ° C.
  2. Bungkus kentang dengan aluminium foil dan panggang selama 1 jam 15 menit.
  3. Tempatkan salmon yang dibungkus dengan aluminium foil dalam wadah yang sama dengan kentang dan panggang selama 10 menit. (untuk total 1 jam 25 menit menggoreng kentang dan 10 menit menggoreng salmon).
  4. Masak kacang polong selama 3 menit atau sampai empuk.
  5. Potong kentang, kupas atau buang isinya dari kulitnya, potong salmon dan buang duri dan kulitnya.
  6. Masukkan kentang tanpa kulit, salmon parut, dan kacang polong ke dalam blender atau food processor.
  7. Tambahkan sedikit mentega atau ASI sampai Anda mendapatkan kekentalan yang diinginkan.
  8. Sajikan satu porsi sesuai dengan kemampuan anak, simpan sisanya di freezer, dan Anda bisa memanaskannya untuk makan berikutnya.

Anda mungkin juga suka...