Prospek Besaran Gaji Kuliah di Bidang Teknik Informatika

Prospek Besaran Gaji Kuliah di Bidang Teknik Informatika

Eventsolutionsdarwin – kuliahSeperti spesialisasi lainnya, teknik komputer juga memiliki prospek kerja yang bervariasi di beberapa bidang yang berbeda. Ini dapat disesuaikan dengan keterampilan dan kemampuan yang paling dikuasai selama studi teknik komputer. Semakin banyak skill yang Anda kuasai di bidang ini, semakin luas pula prospek pekerjaan yang bisa Anda dapatkan.

Lihat beberapa prospek pekerjaan dan kisaran gaji yang dapat diperoleh lulusan teknik komputer berikut:

1. Analis sistem

Ketika bekerja secara langsung pada manajemen sistem, seorang analis sistem harus memiliki keterampilan yang kompleks di bidang ini. Analis sistem akan melakukan analisis lengkap untuk perusahaan (pelanggan), mulai dari menentukan persyaratan sistem itu sendiri, hingga membuat database dan perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankannya. Tidak hanya itu, seorang analis sistem juga akan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap proyek yang dikelolanya.

Jika Anda melihat kompleksitas pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem, dapat dikatakan bahwa posisi ini hampir tidak dapat beroperasi sendiri. Dalam praktiknya, seorang analis sistem akan bekerja sama dengan programmer, di mana programmer akan menerapkan analisis program yang disusun oleh analis sistem ke berbagai proyek yang dikelola.

Meski bukan pekerja dengan bayaran tertinggi di bidang teknik komputer, pendapatan seorang analis sistem cukup menjanjikan, berkisar di kisaran Rp 72 juta per tahun, atau rata-rata Rp 6 juta per tahun. bulan.

2. Programmer junior

Karir ini menjadi pilihan banyak lulusan ilmu komputer di awal masa studinya, mengingat peluang kerja yang tersedia sangat luas. Secara umum, perusahaan yang didedikasikan untuk perangkat lunak atau manajemen basis data (konsultan) akan membutuhkan programmer junior.

Seorang programmer harus memiliki banyak skill seperti: HTML / XML, PHP, ASP, Cold Fusion, bahasa pemrograman Java, C ++ dan Visual Basic. Bahkan jika Anda mungkin belum menguasai semuanya, seorang programmer harus menguasai setidaknya beberapa keterampilan yang diperlukan untuk perusahaan tempat dia bekerja. Di awal karirnya, seorang programmer junior bisa mendapatkan gaji sekitar 60 juta rupee per tahun, atau rata-rata 5 juta rupee per bulan.

3. Administrator jaringan

Memiliki tugas untuk memastikan berfungsinya dan keamanan sistem, banyak perusahaan juga membutuhkan administrator jaringan.

Untuk semua pekerjaan seperti ini, seorang administrator jaringan biasanya dapat membawa pulang gaji sekitar Rp 60 juta per tahun atau rata-rata Rp 5 juta per bulan.

4. Web / desainer grafis

Seperti namanya, seorang desainer web akan mengurus pengorganisasian dan mendesain antarmuka web. Perkembangan digital di Indonesia yang menghasilkan banyak situs baru sepanjang tahun merupakan peluang kerja yang besar bagi para web designer.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang desainer web biasanya akan bekerja dengan seorang programmer, di mana keduanya secara bersamaan berkolaborasi dalam desain konten dan tampilan situs. Seorang desainer web dapat memperoleh gaji sekitar Rs 60 juta per tahun atau rata-rata Rs 5 juta per bulan.

5. Konsultan ERP

Konsultan ERP (Enterprise Resource Planning) akan bekerja untuk memberikan saran kepada klien korporat. Ini menyangkut sistem yang digunakan oleh klien korporat, di mana serangkaian kebijakan atau solusi diperlukan untuk membuat sistem lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Tentunya ini tidak hanya dalam bentuk konsultasi, tetapi sekaligus memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi perusahaan klien. Jangan lupa cari cara kuliah cepat lulus

Dalam pekerjaannya, seorang konsultan ERP biasanya menggunakan sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP. Dari pengalamannya di bidang ini, seorang konsultan ERP bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 96 juta per tahun.

Anda mungkin juga suka...