Tips Meningkatkan Keamanan Website

Tips Meningkatkan Keamanan Website

Eventsolutionsdarwin – Ketika Anda memiliki website sendiri, tentunya memiliki berbagai informasi dan file penting yang sudah Anda peroleh dan kumpulkan selama ini. Terlepas dari informasi dan file penting, membangun situs web tidaklah mudah. Banyak ide dan biaya yang dihabiskan untuk membangun situs web Anda sekarang.

Namun waspadalah, di dunia internet banyak sekali website yang mengalami kesulitan karena keamanannya yang tidak memadai untuk menahan serangan dari berbagai bahaya yang mengintai. Anda tidak ingin ini terjadi pada situs web Anda, bukan?

Kali ini, Anda dapat mengikuti lima tips untuk meningkatkan keamanan situs Anda. Berikut ulasan yang dirangkum dari Jasa Pembuatan Aplikasi Toko Online

1. Instalasi SSL

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol keamanan yang berguna untuk membuat ikatan dalam bentuk enkripsi antara server web dan browser web menggunakan komunikasi online. Intinya, enkripsi akan bekerja dengan membuat tautan komunikasi antara titik A dan titik B, yaitu server web dan browser web.

SSL sangat penting untuk kelangsungan suatu website karena dengan adanya SSL informasi pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data, dan informasi login semuanya dapat dilakukan dan dikelola dengan baik. Apalagi untuk situs ecommerce yang memiliki banyak sekali data pengguna yang sensitif. Oleh karena itu, keberadaan SSL menjadi sangat penting.

Jika Anda ingin melihat apakah situs web tersebut sudah memiliki sistem SSL, Anda dapat melihatnya langsung dari browser web Anda. Ikon gembok hijau akan muncul di sebelah kiri alamat situs web di browser Anda. Selain itu, bagian “https” juga akan berwarna hijau. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan data pribadi Anda saat mengirimkannya ke situs web karena sistem SSL akan merahasiakannya.

2. Terus perbarui situs web Anda

Biasanya ketika anda sudah mempunyai website, terutama website perusahaan yang menampilkan profil, fitur, keunggulan dan informasi lainnya terkadang tidak di update secara berkala, yaitu katakan biarkan saja tanpa menambahkan sesuatu yang baru. Sayangnya, dengan melakukan ini, keamanan situs Anda tidak akan terjamin.

Bersamaan dengan hal tersebut, Anda perlu terus mengupdate website Anda karena sistem CMS yang Anda gunakan biasanya akan memberikan update terbaru di beberapa titik sehingga keamanan website Anda juga ditingkatkan. Lanjutkan mengunjungi situs web Anda.

3. Gunakan sandi yang kuat

Selain menyediakan SSL dan terus mengupdate website, Anda mutlak harus memiliki password ketika ingin membuat website. Untuk password sebaiknya menggunakan kombinasi yang bervariatif mungkin agar keamanan website lebih terjamin. Gabungkan huruf besar, huruf kecil, angka dengan tanda baca. Cara ini penting dilakukan agar pihak lain tidak dengan mudah menebak password Anda dengan maksud jahat.

4. Selalu buat cadangan situs web secara teratur

Ada sejumlah besar data dan informasi yang terkandung di situs, pastikan untuk mencadangkan situs secara teratur. Namun sebaiknya jangan lakukan ini di server situs yang Anda gunakan karena masih mudah diretas oleh pihak lain. Sebaiknya simpan ke server lain agar lebih sulit dilacak dan lebih aman.

5. Gunakan layanan hosting tepercaya

Saat Anda memiliki situs web, Anda tidak dapat melakukannya tanpa menggunakan layanan hosting. Dan saat ini sudah banyak sekali layanan hosting yang tersedia di internet. Namun, saat memilih layanan hosting yang akan digunakan nanti, sebaiknya lihat dulu review konsumen yang pernah menggunakan layanan mereka sebelumnya.

Dengan menggunakan layanan hosting yang memiliki reputasi baik, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas situs web atau keamanannya karena Anda yakin bahwa layanan hosting tersebut akan memberikan yang terbaik.

Berikut lima tip untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. Semoga Anda dapat memberikan beberapa informasi dan menerapkannya di situs web Anda sendiri.

Anda mungkin juga suka...